17 September 2012

IPNU-IPPNU Ngusikan MoU Dengan Undar


foto: ilustrasi
Kecamatan Ngusikan adalah sebuah kecamatan baru yang terletak di sebelah timur laut kota Jombang yang juga berbatasan langsung dengan wilayah Mojokerto dan Lamongan. Kecamatan Ngusikan adalah salah satu daerah di kabupaten Jombang yang memiliki indeks pendidikan dan ekonomi yang rendah. Banyak anak–anak yang putus sekolah disebabkan oleh ketiadaan biaya ataupun semangat untuk tetap belajar. Di beberapa desa di kecamatan Ngusikan, banyak sekali anak yang berhenti sekolah di tingkat SD dan SMP, ataupun menikah setelah lulus SMA.
Oleh karena itu, PAC IPNU – IPPNU Ngusikan berupaya menjawab dan menyelesaikan persoalan tersebut sebatas
pada kapasitas yang dimlikinya. Salah satu terobosan yang dilakukan oleh rekan–rekanita PAC IPNU – IPPNU Ngusikan adalah mendirikan sebuah lembaga yang konsen di bidang pendidikan dan sosial, yang bernama “Lembaga Pendidikan dan Sosial (LPS) Kakimas Jombang”. Dengan adanya lembaga tersebut diharapkan dapat lebih memperlancar dan mendorong gerakan – gerakan yang dilakukan oleh PAC IPNU – IPPNU Ngusikan.

Bertepatan dengan HUT RI ke 67 dan rangkaian acara menjelang hari ulang tahun yang pertama LPS KAKIMAS, LPS KAKIMAS menyelenggarakan suatu kegiatan yang berbasis sosial dan pendidikan. Kegiatan tersebut berupa Karnaval Santri TPQ, Khitanan Massal, Pelantikan PAC IPNU – IPPNU Ngusikan, Tausiyah dan Parade ISHARI NU. Kegiatan tersebut diselenggarakan pada tanggal 25 Agustus 2012 di Masjid Besar Nurul Hidayah Keboan. Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah tokoh NU, di antaranya adalah MWC NU Ngusikan, PC IPNU – IPPNU Jombang, PC Anshor NU Jombang, PC ISHARI NU Jombang, PCNU Jombang, PP IPNU, dan PBNU, serta Rektor UNDAR Jombang.

Dalam acara pembukaan tersebut, dilakukan juga penandatangan MoU Beasiswa S1 antara Universitas Darul Ulum Jombang dan LPS KAKIMAS Jombang sebagai bentuk tanggung jawab sosial dalam bidang pendidikan di wilayah Ngusikan dan sekitarnya. Dengan adanya MoU beasiswa tersebut diharapkan bisa memajukan SDM wilayah Ngusikan dan sekitarnya demi tercapainya taraf pendidikan dan kehidupan masyarakat yang lebih baik. (Nur Dian)

0 komentar:

Posting Komentar